Cara Membuat Donat Dari Resep JCO Donuts

Cara Membuat Donat Dari Resep JCO Donuts
JCO Donuts adalah sebuah jaringan waralaba donat yang berasal dari Indonesia. Mereka dikenal dengan donat-donat yang lezat dan beragam pilihan rasa, mulai dari rasa klasik seperti cokelat dan stroberi, hingga inovasi rasa yang unik seperti alpukat dan matcha. Selain donat, JCO juga menyajikan kopi dan minuman lainnya. JCO Donuts telah meraih popularitas di Indonesia dan juga memperluas kehadirannya di berbagai negara di Asia Tenggara.

Untuk membeli donat atau kopi dari JCO, Anda dapat mengunjungi mall terdekat, disana Anda akan menemukan tokonya. Atau Anda bisa memesannya secara online di beberapa marketplace online, atau Anda bisa melakukannya dan melihat info lebih lengkapnya disitus resmi JCO Donuts di alamat www.jcodonuts.com. Tapi jika Anda ingin membuatnya sendiri dirumah atau ingin memproduksinya untuk dijual kembali, berikut adalah cara lengkap untuk membuat donat menggunakan resep yang terinspirasi dari JCO Donuts:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 75 gram gula pasir
  • 11 gram ragi instan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 200 ml susu cair hangat
  • 50 gram mentega tawar, lelehkan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Topping dan isian sesuai selera (misalnya gula halus, selai, cokelat leleh, atau kacang)

Langkah-langkah pembuatan donat:

  1. Siapkan mangkuk besar, lalu campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam. Aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.
  2. Di mangkuk lain, kocok lepas telur. Tambahkan susu cair hangat dan mentega leleh. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Tuang campuran telur dan susu ke dalam mangkuk berisi campuran tepung. Aduk rata dengan spatula hingga adonan mulai terbentuk.
  4. Lanjutkan menguleni adonan menggunakan tangan hingga adonan elastis dan tidak lengket. Jika perlu, tambahkan sedikit tepung terigu jika adonan masih terlalu basah, atau tambahkan sedikit susu jika terlalu kering.
  5. Letakkan adonan di mangkuk yang telah diolesi sedikit minyak. Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastik wrap. Diamkan adonan selama sekitar 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  6. Setelah adonan mengembang, kempiskan dengan cara menekan-nekannya secara perlahan menggunakan tangan. Pindahkan adonan ke permukaan yang telah ditaburi sedikit tepung terigu.
  7. Gulung adonan dengan rolling pin hingga memiliki ketebalan sekitar 1 cm. Gunakan cetakan donat berbentuk lingkaran atau sesuai selera untuk memotong adonan menjadi donat.
  8. Letakkan donat yang telah dipotong di atas loyang yang ditaburi tepung terigu atau permukaan yang telah diolesi sedikit minyak. Biarkan donat mengembang kembali selama sekitar 30-45 menit.
  9. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup dalam untuk menenggelamkan donat.
  10. Goreng donat dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Balik donat agar matang merata. Angkat donat dan tiriskan dari minyak menggunakan saringan atau tisu dapur.
  11. Biarkan donat agak dingin, kemudian tambahkan topping sesuai selera. Misalnya, taburi donat dengan gula halus, tambahkan selai, cokelat leleh, atau kacang.
  12. Donat siap disajikan. Nikmati donat ini dalam keadaan segar dan hangat untuk hasil yang terbaik.

Itulah langkah-langkah dalam membuat donat menggunakan resep yang terinspirasi dari JCO Donuts. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan cermat dan menyesuaikan ukuran resep sesuai kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Terkait

Posting Komentar

-----------------------------------------------------------------------------